Desember

PIKES 5

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menggelar Pameran Inovasi Kesehatan (Pikes) kelima tahun 2023 di Alun-alun Sasono Langen Putra Sragen pada Rabu (15/11/2023). Pameran ini dimeriahkan 30 stan yang menampilkan beragam invoasi dari masing - masing fasilitas kesehatan.

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menguraikan inovasi yang dipamerkan di Pikes 2023 diharapkan bisa menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat terutama di bidang kesehatan.

Ia berharap inovasi yang dihadirkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam pameran itu ada inovasi pelayanan puskesmas yang berfokus mendeteksi tuberkulosis (TB) dan HIV.

"Ada yang fokus pada pencegahan stunting, dengan cara monitoring bayi," ujar Bupati.

Sebagai seorang dokter, Bupati Yuni menekankan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi para Pemberi Pelayanan Kesehatan baik Primer maupun Rujukan. Khususnya dalam mengupayakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara optimal.

Mulai dari edukasi kepada masyarakat untuk patuh protokol kesehatan, meningkatkan kualitas SDM dan teknologi untuk pengembangan inovasi program kesehatan diimbangi dengan inovasi program pelayanan kesehatan.

Kepala Dinkes Sragen, dr. Udayanti Proborini, menjelaskan Pikes 2023 ini bertujuan memotivasi pengelola fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit untuk terus berlomba berinovasi membuat layanan semakin cepat dan mudah.

"Mulai dari edukasi kepada masyarakat untuk patuh protokol kesehatan, meningkatkan kualitas SDM dan teknologi untuk pengembangan inovasi program kesehatan diimbangi dengan inovasi program pelayanan kesehatan," terangnya.

Dari 30 stan yang ada, sebanyak 25 di antaranya berasal puskesmas, tiga rumah sakit, dan satu PSC 119 Sukowati.

Dalam kesempatan yang sama, Dinkes bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen meluncurkan inovasi berupa E-Clinic.

Ini adalah aplikasi digital untuk mempermudah mengurus izin klinik baik tingkat pratama hingga utama. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengurus perpanjangan izin operasional klinik.

Agar kegiatan pameran tidak monoton, selain pameran inovasi pihaknya mengadakan berbagai lomba mulai dari hiburan, diantaranya lomba karaoke peserta Pikes dan lomba stand-stand pameran yang menarik juga dinilai. Supaya lebih menonjolkan pameran dikalangan masyarakat Sragen, Pikes tahun ini mengundang bintang tamu sinden asal Kediri, Jawa Timur, Niken Salindry.

Sumber https://sragenkab.go.id/berita/pikes-5-kenalkan-inovasi-layanan-kesehatan-kepada-masyarakat.html